Tips Sukses Menghadapi Persaingan di Usaha Toko Kelontong

Kayamuda.net || Tips Sukses Menghadapi Persaingan di Usaha Toko Kelontong - Untuk anda yang sedang bingung ingin mulai usaha yang tidak terlalu rumit, namun usaha tersebut memberikan/menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan, maka usaha Toko Kelontongan jawabannya. Prinsip dari usaha ini adalah yaitu Anda membeli barang dalam jumlah yang banyak ( Grosir ) dengan mencari harga yang termurah dengan kualitas yang tetap terjaga, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Jangan senang terlebih dahulu, walaupun usaha kelontongan ini menjanjikan namun bagimana dengan maraknya toko modern di Indonesia memang menjadi masalah bagi warung-warung kecil di sekitarnya. Apalagi beberapa di antaranya menawarkan banyak fasilitas menarik seperti ATM dan wifi.

Tips Sukses Menghadapi Persaingan di Usaha Toko Kelontong

Toko klontongan kecil memiliki keunggulan baru terhadap persaingan yang semakin meningkat dari rantai nasional dan bahkan raksasa online. Tetapi dengan begitu banyaknya perubahan dalam industri, masih mungkin bagi usaha kecil untuk berkembang? Anda hanya perlu menemukan cara cerdas untuk mengatur pengalaman toko Anda.

Berikut adalah tips untuk membantu toko kelontong kecil bertahan hidup pada masa yang penuh tantangan ini.
  1. Ceritakan kisah di balik produk Anda.
    Pembeli lokal juga cenderung menghargai ketika pilihan makanan mereka berasal dari peternakan atau produsen yang juga bagian dari masyarakat. Namun itu tidak cukup hanya menyertakan merek lokal di rak Anda. Anda juga perlu meminta perhatian pada barang-barang tersebut dan benar-benar membiarkan pelanggan mengetahui cerita di balik produk tersebut dan orang-orang yang membuatnya.
  2. Personalisasi Pesan ke Pelanggan Anda.
    Sebagai bisnis yang khusus untuk satu komunitas lokal atau lingkungan sekitar, Anda memiliki manfaat untuk menyediakan lini produk dan pesan kepada orang-orang yang paling mungkin datang ke toko Anda, daripada mempertahankan harga supermarket umum. Ini berarti Anda dapat mengambil rasa, preferensi, dan kebiasaan berbelanja hiper-lokal ke dalam akun saat menimbun rak Anda.
  3. Tambahkan pengalaman unik.
    Generasi millennial terutama tampaknya menjauhkan diri dari pengalaman toko klontongan tradisional. Jadi, untuk toko independen yang ingin tetap relevan dengan generasi konsumen ini, Anda harus menawarkan lebih dari sekadar pilihan produk yang layak. Tambahkan kedai kopi, contoh wifi gratis setiap hari, restoran tempat orang dapat makan sebelum mengambil item untuk seminggu, atau beberapa elemen unik lainnya untuk membuat perjalanan mereka lebih mudah diingat.
  4. Tenaga ahli professional.
    Pentingnya memiliki tenaga ahli yang benar-benar dapat membantu orang membuat keputusan membeli. Bagi konsumen yang cenderung berbelanja online, salah satu alasan mereka mungkin memilih toko adalah karena mereka ingin membantu membuat keputusan pembelian mereka.

    Cara lain Anda dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam mengembangkan bisnis toko kelontong Anda adalah dengan menambahkan fitur kenyamanan. Karena begitu banyak konsumen menggunakan ponsel cerdas mereka untuk berbelanja dan berbagai tujuan lain, membuat aplikasi untuk toko Anda dapat menjadi salah satu cara bagi Anda untuk tetap terhubung dan menciptakan pengalaman hebat. Pertimbangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan pelanggan memiliki pesanan yang disisihkan untuk diambil pada waktu tertentu, atau yang mencakup peta jalan ke semua spesial di dalam toko atau bahkan yang menyediakan kupon eksklusif.

    Salah satu faktor yang selalu dapat membantu menarik pelanggan adalah hal yang luar biasa. Meskipun toko klontongan swalayan independen biasanya tidak dapat bersaing dengan rantai besar berdasarkan harga saja, Anda dapat menawarkan beberapa kupon atau penawaran khusus melalui email atau perangkat seluler untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada pelanggan pada jenis produk tertentu.

0 Response to "Tips Sukses Menghadapi Persaingan di Usaha Toko Kelontong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel